Raphael Varane adalah seorang pemain sepakbola profesional asal Prancis yang lahir di Lille pada 25 April 1993. Saat ini, ia bergabung bersama klub Real Madrid sebagai bek tengah. Selain bersama klub tersebut, Varane juga merupakan pemain dari timnas Prancis.

Sebelum bergabung bersama Real Madrid, Varane bermain bersama klub Lens dan memulai latihannya pada musim 2010-11 bersama tim senior klub tersebut. Pada 7 November 2010, Varane memulai debutnya bersama Lens dalam sebuah pertandingan melawan Montpellier. Varane sendiri dinilai oleh pelatih muda Lens, Eric Assadourian, sebagai pemain kelas satu yang sebenarnya. Ia dianggap nyaman bermain baik dalam soal taktik maupun teknik. Pada Januari 2014, ia dinobatkan sebagai satu dari 10 pemain muda yang paling menjanjikan di Eropa. Varane juga diketahui bergabung dengan tim muda timnas Prancis, tepatnya pada tim U-18, U-20, dan U-21. Debutnya bersama timnas Prancis secara resmi adalah pada FIFA World Cup 2014.

Karir sepakbola Varane dimulai jauh di usia mudanya, yakni saat ia bermain bersama klub AS Hellemmes di usia 7 tahun. Klub tersebut merupakan klub lokal tempat kelahirannya, Lille. Setelah 2 tahun bergabung bersama klub tersebut, Varane bergabung bersama klub profesional RC Lens, seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya. Ia tetap bertahan di Lens hingga tahun 2011.

Pada 22 Juni 2011, yakni di musim 2011-12, Presiden Lens Gervais Martel menyatakan bahwa Varane akan bergabung dengan klub Spanyol, Real Madrid. Ia bergabung di bawah kepelatihan Jose Mourinho. Pada 27 Juni di tahun yang sama, Varane akhirnya dinyatakan lolos uji kesehatan dan berhasil bergabung bersama Real Madrid dengan kontrak selama 6 tahun. Transfer Varane dikabarkan memiliki nilai pada kisaran 10 juta euro.

Raphael Varane memulai debutnya bersama Real Madrid dalam sebuah pertandingan melawan Los Angeles Galaxy pada 2011 World Football Challenge. Varane tampil sebagai pemain pengganti di pertengahan babak dan pertandingan tersebut berakhir dengan kemenangan manis 4-1 bagi Real Madrid. Ia lalu menjadi starter pertama kali bagi Real Madrid 4 hari kemudian dalam pertandingan melawan klub asal Meksiko, Guadalajara. Pertandingan tersebut juga berakhir dengan kemenangan 3-0. Ia lalu menghabiskan waktu pra musim dengan bermain sebanyak 8 kali dari total 9 pertandingan yang dijalani Real Madrid.

Varane memulai debut sebenarnya yang kompetitif saat Real Madird melawan Racing de Santander. Ia menjadi starter di posisi bek tengah bersaa Ricardo Carvalho. Sayang, pertandingan itu harus berakhir imbang 0-0. Namun, 3 hari setelah itu, tepatnya, 24 September 2011, Varane mulai menampakkan kehebatannya melalui sebuah gol yang ia ciptakan dalam pertandingan melawan Rayo Vallecano. Gol tersebut ia ciptakan melalui tendangan sudut yang dilakukan Mesut Ozil. Real Madrid pun menang dengan skor 6-2. Gol pertamanya tersebut membuat Varane dinobatkan sebagai pemain asing termuda di usia 18 tahun yang berhasil mencetak gol dalam waktu 152 hari.

Pada 27 September, Varane memulai debutnya bersama Real Madrid di Liga Champion UEFA dalam pertandingan melawan klub asal Belanda, Ajax. Pertandingan itu berakhir dengan skor kemenangan 3-0 bagi Real Madrid. Lantas, Varane menjadi starter kembali di Liga Champion dalam pertandingan melawan Dinamo Zagreb asal Kroasia. Pada pertandingan ini, Varane berhasil menjadi assist untuk gol yang kemudian dicetak oleh Jose Callejon. Pertandingan yang berakhir dengan skor kemenangan 6-2 tersebut lantas berhasil menjamin posisi pertama bagi Real Madrid di grupnya.

Setelah mengganti nomor punggungnya dari 19 menjadi 2, Varane memulai debutnya dalam laga El Clasico pada Copa del Rey musim 2012-13. Dalam pertandingan itu, ia berhasil menangkal beberapa serangan berbahaya, termasuk tembakan dari Xavi yang ditepisnya dari jalur goal dan pertandingan berakhir imbang 1-1. Pada pertandingan leg kedua yang diadakan di Camp Nou, Varane berhasil mencetak gol yang merupakan gol ketiga Madrid dalam pertandingan itu, yang kemudian mengukuhkan kemenangan Madrid 3-1 atas Barcelona. Hingga saat ini, Varane masih bersama Madrid setelah memperpanjang kontraknya pada tahun 2014. Kontrak tersebut berlaku 6 tahun hingga 2020.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.