Christian Pulisic merupakan pemain sepakbola yang bermain untuk klub papan atas Bundesliga, Borussia Dortmund. Pemain yang mempunyai darah Kroasia dari kakeknya ini lahir pada 18 September 1998 di Pennsylvania, Amerika Serikat. Masa kecil Pulisic pun ia habiskan di Pennsylvania sampai akhirnya ia hijrah ke Inggris pada usia tujuh tahun dan bermain untuk sekolah sepakbola Brackley Town.

Pada pertengahan tahun 2000, Christian Pulisic kembali ke Amerika Serikat dan tinggal di Michigan. Di sana ia mengasah kemampuan bermain bolanya bersama tim Michigan Rush. Lalu, ketika keluarga Pulisic kembali ke Hershey, Pennsylvania, Pulisic remaja bermain untuk akademi sepakbola PA Classics. Ia mengembangkan keterampilan sepakbolanya di PA Classics mulai tahun 2008 sampai dengan tahun 2015. Pada masa inilah, Pulisic terkadang mendapatkan kesempatan untuk bermain di klub lokal profesional, Harrisburg City Islanders.

Bakat Christian Pulisic nyatanya membawa dirinya bermain sampai ke kancah Internasional. Ia masuk ke dalam skuat Amerika Serikat di bawah usia 15 tahun dan bermain untuk 28 pertandingan dengan mencetak 21 gol dalam rentang waktu 1 tahun, yaitu dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2013. Pada tahun 2013 sampai dengan tahun 2015, Pulisic pun masuk ke dalam skuat Amerika Serikat di bawah usia 17 tahun. Pada masa ini, Pulisic bermain 28 kali dan menghasilkan 28 gol.

Bakat Pulisic dalam mengolah si kulit bundar ternyata menarik minat akademi sepakbola Borussia Dortmund. Pulisic yang kala itu masih berusia 16 tahun pun diboyong ke Jerman dan langsung dimasukkan ke dalam skuat Borussia Dortmund U17. Hanya butuh beberapa bulan saja, Pulisic segera dipromosikan ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu Borussia Dortmund U19.

Pulisic bermain sangat gemilang. Di skuat muda Dortmund, ia menghasilkan 10 gol, 8 assist dalam 15 pertandingan. Atas prestasinya ini, Pulisic dipanggil ke tim utama Dortmund pada bulan Januari 2016.

Setelah beberapa kali bermain dalam laga persahabatan Dortmund, Pulisic mencatatkan penampilan pertamanya di Bundesliga pada 30 Januari 2016. Kala itu Dortmund bertanding melawan FC Ingolstadt dan Pulisic melaksanakan debutnya sebagai pemain pengganti di babak kedua. Hanya berjarak 3 minggu dari debutnya di Bundesliga, Pulisic langsung dipercaya untuk memperkuat Dortmund di kancah UEFA Europa League. Ia menjadi pemain pengganti ketika Dortmund memenangi pertandingan melawan FC Porto pada 18 Februari 2016.

Pemain yang biasa beroperasi sebagai midfielder dan juga winger ini mendapatkan apresiasi besar dari pelatih Dortmund, Thomas Tuchel, setelah permainan gemilangnya ketika diturunkan sebagai starting line up Dortmund dalam pertandingan melawan Bayer Leverkusen dan Schalke 04. Kepercayaan sang pelatih kepada Pulisic pun semakin besar setelah Pulisic mencetak gol pertamanya dalam laga kandang melawan Hamburger SV pada 17 April 2016. Gol tersebut sekaligus mencatatkan nama Pulisic sebagai pemain termuda dari luar Jerman yang mampun mencetak gol di Bundesliga. Kala itu, ia mencetak gol pada usia 17 tahun 212 hari.

Pemain yang memiliki tinggi 179 sentimeter dan berat 70 kilogram ini memeperbarui kontraknya di Dortmund pada pertengahan musim 2017-2018. Kontrak baru tersebut membuat Pulisic akan tetap berseragam Dortmund sampai tahun 2020 nanti.

Christian Pulisic yang kini baru berusia 19 tahun, sampai akhir musim 2016/2017 telah bermain untuk 53 pertandingan Borussia Dortmund di semua kompetisi dan berhasil mencetak 7 gol.

Di usianya yang baru 19 tahun, Christian Pulisic mempunyai segudang potensi yang bisa digali lagi agar bisa menjadi pemain kelas dunia. Bahkan bagi Amerika Serikat, Pulisic mulai menunjukkan kontribusi besarnya. Di tengah minimnya pesepakbola asal Negeri Paman Sam yang meraih kesuksesan di level tertinggi sepakbola Eropa dan dunia, Pulisic mampu melakukan hal tersebut. Meski sempat gagal tampil di Piala Emas CONCACAF 2017 karena harus mengikuti sesi pra-musim dengan Dortmund, pelatih Amerika Serikat, Bruce Arena bahkan berani menjamin satu tempat untuk pulisic di skuat AS untuk Piala Dunia 2018 mendatang.

Soal potensi transfer besar, bukan mustahil jika di masa datang Christian Pulisic bisa memecahkan rekor sebagai pemain sepakbola Amerika Serikat termahal sepanjang masa. Itu tak lepas dari trend transfer gila-gilaan yang tengah terjadi di Eropa dalam beberapa tahun belakangan.

Copyright © 2015 Pixel Theme Studio. All rights reserved.